Wednesday, December 26, 2018

Dulu waktu badan saya agak gemukan, dibilangnya gendut, sekarang giliran saya kurusan, disuruh banyak makan supaya gemuk lagi. Bagusnya gemuk apa kurus ya dok?


Bunda Dorce bersabda : 'Bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, kesempurnaan hanya milik Allah SWT'. Ketika kita sedang nggak gemuk orang lain akan bilang kurus, sebaliknya ketika kita udah nggak kurus mereka malah bilang gendut, dilematis dan serba salah memang, selalu saja dianggap kurang.

Lagian iseng aja sih mereka ngurusin kamu? Toh kamunya sendiri belum tentu ingin kurus kan?

Saran dokter, mending tinggalin aja deh orang-orang yang nggak bisa ngasih spirit dan nggak nguntungin buat kamu, apalagi yang bisanya cuma mencela doang. Hidup kamu hanya milik kamu, kamu sendirilah yang lebih tau apa yang terbaik buat kamu sendiri, kamu juga nggak perlu bertanggung jawab pada penilaian pribadi orang lain terhadap kamu. Nikmati saja apa yang menurut kamu nyaman, selama nggak melanggar aturan yang di buat Tuhan maupun aturan yang di buat manusia. 

Dan ingat satu hal: jika ada yang suka membicarakan kekuranganmu, maka bersyukurlah. Sebab, kekuranganmu saja bisa membuat mereka perhatian, apalagi kelebihanmu.

Monday, December 10, 2018

10 Fakta Tentang Mama


1. Perempuan
2. Anaknya kakek & nenek
3. Istrinya bapak
4. Satu-satunya orang yang melahirkan saya
5. Umurnya lebih tua dari saya
6. Baik
7. Jago masak
8. Hobi nonton sinetron
9. Gampang panik
10. Orang (khususnya perempuan) yang paling banyak mengeluarkan air matanya demi saya.

Friday, December 07, 2018

Pendapat lo tentang orang yg pendiem?


Kebetulan saya juga orangnya pendiam, terutama kalo lagi tidur. Hehehe.

Kalau menurut saya pendiam itu relatif sih. Jadi penilaian masing-masing orang bisa berbeda-beda terhadap orang yang dianggap si pendiam tadi. Ambil contoh saya misalnya, di tempat kerja maupun di lingkungan rumah mungkin saya dikenal sebagai orang yang jarang ngomong, bicara juga seperlunya saja, tapi mereka tidak tau bahwa ketika saya berkumpul dengan teman-teman sekolah dulu saya dikenal sebagai orang yang banyak ngomong dan cenderung suka mendominasi pembicaraan. Yap, kurang lebih seperti itulah... jadi orang yang dikenal sebagai pendiam belum tentu dia itu benar-benar pendiam.

Secara harfiah, pendiam dapat diartikan sebagai orang yang tidak banyak bicara, tapi secara umum banyak yang menilai bahwa orang yang tidak banyak tingkah juga sering disebut juga sebagai pendiam meskipun porsi bicaranya normal. Setuju?

Di sini saya juga mau sedikit meluruskan aja beberapa stereotip yang ada tentang si pendiam ini berdasarkan definisi tadi:

- Pendiam = Pemalu
Salah besar kalo seseorang yang pendiam itu adalah seseorang yang pemalu. Buktinya saya sendiri pendiam, tapi kemana-mana ga suka bawa-bawa palu tuh.

- Pendiam = Anti Sosial
Meskipun sering terlihat mengasingkan diri, si pendiam bukan berarti dia anti sosial. Beberapa pendiam tetap punya jiwa sosial yang tinggi dan mau bersahabat kok, cuma ya mungkin pilih-pilih.

- Pendiam = Susah Berkembang
Ini pemikiran yang pendek sih kalo menurut saya. Banyak orang yang tidak tau bahwa orang-orang yang pendiam itu justru memiliki ide-ide yang lebih keren dari pada orang yang banyak ngomong. Peribahasa aja bilang kalo tong berisi itu ga ada bunyinya. Bener ga?

- Pendiam = Ga Punya Teman
Ini nih yang salah kaprah. Pendiam bukan berarti dia tidak punya teman. Buktinya saya, meskipun terlihat jarang ngumpul ataupun nongkrong, saya tetap punya sahabat kok, yah meskipun masih bisa diitung pake jari.

Jadi intinya, menjadi pendiam itu memang kadang adalah sebuah pilihan, seperti saya yang punya prinsip "Lebih baik diam dan terlihat bodoh, dari pada banyak ngomong tapi bodohnya keliatan".

Wednesday, September 26, 2018

Kenapa hari minggu libur?


Banyak mungkin orang yang mempertanyakan kenapa sih hari Minggu libur? Kenapa sih liburnya hari Minggu? Kenapa sih hari Minggu nggak masuk aja? (eh... kalo pertanyaan yang terakhir tadi masih jarang ding...)

FYI. Dulu, tradisi libur pada hari Minggu itu sebenarnya berasal dari jaman Romawi Kuno. Pada zaman itu, orang Romawi Kuno menetapkan hari Minggu sebagai hari untuk beribadah. Jadi, di hari itu mereka meliburkan diri dari segala aktivitas maupun pekerjaan hanya untuk fokus beribadah. Nggak cuma itu, saking nggak maunya melewatkan waktu untuk beribadah, akhirnya mereka selalu menandai hari libur tersebut alias hari Minggu tadi dengan warna merah. Seiring berjalannya waktu, tradisi tersebut diterapkan di berbagai negara jajahan Romawi, termasuk juga di Indonesia. Di mana di Indonesia tradisi tersebut dibawa oleh Belanda yang notabene merupakan jajahan Romawi.

Jadi dari situlah awalnya, kenapa hari minggu libur? Alasan yang sebenarnya adalah untuk mendekatkan diri pada sang pencipta bagi kepercayaan tertentu, buat kita yang punya kepercayaan yang berbeda, hari minggu cukup kita manfaatkan aja untuk lebih mendekatkan diri dengan keluarga, orang-orang tercinta dan lain sebagainya. Bagi orang-orang yang sudah bekerja, hari minggu merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu, sebab di hari tersebut kita bisa mengistirahatkan diri dari segala rutinitas yang sudah dijalani selama 6 hari yang lain. Di samping itu, kita juga butuh rehat yang cukup untuk menghadapi beratnya hari senin. Bukan begitu?

Sampai sini kira-kira bisa dimengerti? Jadi bayangin sendiri aja deh gimana jadinya kalo tidak ada hari libur.

Tapi jujur lho ya... Kalo  menurut dokter sendiri sih, pengenya hari Minggu itu tetep masuk, biar Senin sampe Sabtunya aja yang libur. Hahaha...

Friday, August 31, 2018

Flu berat nih dok, sudah minum obat tapi nggak sembuh-sembuh. Aku harus gimana?


Cuaca ekstrem ditambah lagi dengan kondisi tubuh yang kurang fit memang kombinasi yang tepat untuk membuat tubuh kita menjadi dekat dengan penyakit, khususnya influenza atau yang lebih populer dengan sebutan flu. Flu sendiri merupakan infeksi virus pada pernafasan yang bisa diakibatkan karena menghirup udara yang telah tercemar oleh orang lain yang sebelumnya sudah terinfeksi atau bisa juga dengan melakukan kontak langsung terhadap penderitanya.

Berdasarkan gejalanya, flu dapat dibedakan menjadi 2, yaitu flu ringan dan flu berat.

Untuk flu dalam kategori ringan, biasanya bisa sembuh hanya dengan mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung parasetamol atau ibuprofen serta diimbangi dengan istirahat yang cukup. Sedangkan untuk flu kategori berat... sebaiknya dijinjing, jangan dipikul.... biar lebih enteng.

Semoga bermanfaat.

Tuesday, August 28, 2018

Gimana sih caranya biar kita ga males buat belajar?


Terima kasih sudah bertanya mengenai cara agar nggak males buat belajar.

Well, belajar adalah merupakan kewajiban bagi seorang pelajar. Yah namanya juga pelajar kerjaanya ya pasti belajar di sekolah. Sama halnya seperti peramal, kerjaannya ya pasti beramal di kotak amal. Eh gitu nggak sih?

Ok, lupakan....

Dokter dulu juga waktu sekolah sebenernya nggak rajin-rajin amat sih belajaranya, yang rajin justru malah nyonteknya. Hehehe. Makanya dokter juga bingung kalo ditanya gimana caranya biar nggak males buat belajar. Tapi tenang, dokter masih punya satu renungan buat kamu yang saat ini males-malesan buat belajar dan masih nyari cara biar bisa rajin belajarnya, mudah-mudahan sih ada sedikit pencerahan setelah baca renungan dari dokter berikut. Jadi tolong dibaca dan direnungkan baik-baik ya:

Rajin belajar itu bisa bikin orang jadi pintar, orang yang pintar kelak hidupnya akan sukses. Nah kalo udah sukses ujung-ujungnya pasti akan jadi orang kaya, padahal orang kalo udah kaya biasanya akan jadi sombong, sedangkan sombong itu merupakan perbuatan dosa, dan orang yang sering berbuat dosa di akhirat nanti bakal masuk neraka. Mau kamu masuk neraka?

Saran dokter : Belajarlah sewajarnya saja, yang penting naik kelas setiap tahun, dan lulus di akhir tahun. Coba deh kamu pikirin lagi, biaya sekolah itu sekarang nggak ada yang murah, buat apa orang tua kita udah bayar mahal-mahal buat sekolah, tapi ujung-ujungnya masih aja disuruh belajar lagi di rumah. Rugi banget kan?

Tuesday, May 22, 2018

Apa itu galau?


Dalam keseharian kita, kata galau memiliki 2 makna yang masing-masing mewakili 2 kondisi yang berbeda. Pertama, 'galau' sebagai sebuah kondisi yang menggambarkan rasa bimbang/bingung untuk memilih, contoh: "Galau nih, mau liburan ke Korea apa ke Jepang ya? Kalo ke Korea nggak ada duit, tapi kalo ke Jepang nggak ada duit juga". Kedua, galau bisa juga digunakan untuk menggambarkan kondisi dimana kenyataan yang terjadi berseberangan dengan apa yang selama ini diharapan. Misal, mencintai seseorang yang ternyata mencintai orang lain, putus cinta, dan segala permasalahan cinta rumit lainnya. Intinya, galau merupakan sebuah keadaan perasaan yang sedang buruk.

Secara medis, galau masuk ke dalam kategori gangguan kesehatan ringan. Meski dikategorikan gangguan kesehatan ringan, namun tetap galau tidak boleh dianggap sepele lho.. Sebab, jika galau dibiarkan berlarut-larut maka bisa menjurus kepada gangguan kesehatan mental yang lebih serius. Pernah dong liat atau denger orang edan cuma gara-gara ditinggal nikah pasangan? Diputusin pas lagi sayang-sayangnya? Atau mungkin mati-matian mencintai seseorang yang mati-matian menolak cintanya? Yap, semua itu tentu berawal dari kegalauan bukan?

Banyak sekali faktor penyebab galau, kalo disebutin di sini nggak bakal muat. Tapi dokter bisa menyimpulkan bahwa GALAU hanya akan diderita oleh orang-orang yang terlalu mengasihani dirinya sendiri.

That's all.

Tuesday, May 08, 2018

Anyang-anyangan apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya?


Terima kasih sudah bertanya tentang apa penyebab anyang-anyangan dan bagaimana cara mengatasinya.

Anyang-anyangan adalah keadaan di mana seseorang lebih sering merasa ingin buang air kecil dari pada biasanya dengan volume sedikit demi sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali. Anyang-anyangan biasanya disertai dengan rasa nyeri atau perih di sekitar kemih pada saat buang air kecil.

Anyang-anyangan sendiri umumnya disebabkan oleh dua hal, yaitu: karena dehidrasi atau kekurangan asupan cairan dan juga infeksi. Namun pada kasus lain, anyang-anyangan bisa juga disebabkan karena posisi tertentu pada saat berhubungan intim atau bisa juga disebabkan oleh bakteri E coli yang berada di sekitar anus masuk ke saluran kemih karena cara membersihkan atau membasuh vagina yang tidak benar.

Kebanyakan orang yang menderita anyang-anyangan lebih memilih untuk menahan rasa ingin buang air kecilnya. Sebab, pada saat dikeluarkan, biasanya menimbulkan rasa sakit di sekitar panggul jika terjadi pada wanita, dan nyeri pada daerah sekitar anus jika terjadi pada pria.

Saran dokter sih, jika sudah mendesak hasrat ingin buang air kecil, hendaknya jangan DITAHAN. Kasihan... Karena belum tentu air pipis yang jadi tersangkanya. Jadi sebaiknya cukup diselesaikan dengan cara kekeluargaan saja.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Monday, April 30, 2018

Cinta beda agama haruskah berpisah?


Well... Nggak bisa dipungkiri lagi, urusan cinta inta beda agama dari dulu memang masih menjadi suatu perkara yang rumit untuk diselesaikan, khususnya di negeri ini. Sebab hampir semua orang memandang bahwa cinta beda agama itu sebagai sesuatu yang tak lazim untuk dijalani. Meski sekuat apapun keyakinan kalian untuk bersama, nyatanya keyakinan agama yang berbeda kerap menjadi jurang pemisah antara dua orang yang sedang saling jatuh cinta yang cukup sulit untuk dijembatani. 

Tak hanya dari faktor internal kalian, tapi juga faktor dari masing-masing keluarga yang tentunya tidak akan mudah menerima hubungan kalian. Kalaupun seandainya orang tua atau keluarga kalian bisa menerima, tentu permasalahan tidak akan cukup berhenti sampai di situ juga kan? Stigma negatif dari orang-orang sekitar yang sudah terlanjur menganggap cinta beda agama sebagai sebuah cinta yang terlarang akan terus membayangi kalian. Sudah siapkah kamu dengan hal tersebut?

Kalo dari dokter sendiri sih, cuma bisa ngasih 2 solusi bagi kalian yang sudah terlanjur menjalani cinta beda agama: Kalo nggak pindahin agama salah satu dari kalian, apa boleh buat, berati kalian masing-masing memang harus pindahin hati kalian ke hati orang lain yang seiman.

Sunday, April 29, 2018

Yang Harus Kamu Ingat Saat Kamu Jatuh Cinta


Jatuh cinta memang terkadang bisa bikin orang jadi lupa segalanya, mulai dari lupa makan, lupa mandi, lupa tidur, bahkan malah bisa bikin orang sampai lupa bernafas. Yap, meskipun cinta bisa bikin jadi lupa diri, bukan berarti kamu boleh melupakan hal-hal berikut ini dong...

·         Jangan Lupa Menyapa
Bukan manggil-manggil di tengah jalan sambil teriak-teriak nggak jelas. Bukan! Yang dokter maksud, kurang lebih teorinya hampir sama seperti teori lagu dangdut “Tak kenal makanya tak sayang, tak sayang makanya tak cinta”. Dokter sih percaya sama teori tersebut, menyapa seseorang yang kita sayangi adalah sebuah kewajiban. Karena dengan menyapa dia adalah cara termudah yang bisa kita lakukan untuk bisa akrab dengan orang yang kita sayangi. Sekarang gimana dia bisa sayang sama kamu coba kalau dianya aja nggak kenal kamu? Tapi kalau kamu pake ajian Jaran Goyang bisa aja sih...

·         Jangan Lupa Jadi Diri Sendiri
Untuk jatuh cinta kepada seseorang dibutuhkan keberanian yang cukup. Keberanian-keberanian tersebut di antaranya adalah : berani jadi diri sendiri, berani ungkapin isi hati, dan berani menerima resiko apapun yang bakal terjadi.

Biasanya ketakutan terbesar orang yang lagi jatuh cinta adalah takut untuk jadi dirinya sendiri, dia akan lebih memilih untuk menjadi orang lain dari pada jadi diri sendiri untuk bisa lebih dekat orang dia sayangi. Meskipun menjadi orang lain ketika jatuh cinta bukanlah perbuatan dosa, tapi jelas cara ini udah salah. Membohongi diri sendiri sekaligus membohongi orang yang kita sayangi itu jelas perbuatan yang nggak dibenarkan sebagai modal dalam menjalin sebuah hubungan bukan?

·         Jangan Lupa Bercanda
Meskipun cinta urusan yang serius, tapi kalau terlalu dibikin serius jelas lama-lama bakalan ngebosenin juga kan? Jadi saran dokter sih, jangan lupa ajak dia bercanada saat kamu bareng dia. Dengan sering mengajak dia tersenyum bareng, maka nggak menutup kemungkinan dia bakal perlahan-lahan mempersilahkan kamu untuk masuk ke hatinya. Tapi harus kamu ingat, bercanda itu ada batasnya, kalau kamu sampe melampaui batas tersebut, bukan akur yang terjadi, bisa jadi malah hubungan kalian yang jadi ancur.

Kalaupun kamu orang yang nggak suka bercanda, cobalah untuk jadi orang yang menyenangkan di mata dia. Buatlah dia bepikir bahwa kamu adalah orang yang nyaman saat dia butuh teman untuk berbagi canda.

·         Jangan Lupa Perhatian
Siapapun orangnya, kalau sering dikasih perhatian pastinya orang tersebut bakal meleleh. Kalaupun nggak meleleh, paling tidak dia bisa sadar bahwa dia adalah orang yang spesial buat kamu.

Banyak cara yang bisa kamu tunjukan sebagai wujud perhatian kamu, mulai dari tanya kabar, menawarkan bantuan, atau mungkin hanya sekedar menjadi pendengar yang baik saat dia berkeluh kesah. Dokter sih percaya, memberi perhatian adalah cara termudah yang bisa kamu lakukan ke dia untuk menunjukan seberapa besar perasaan kamu ke dia.

·         Jangan Lupa Katakan
Perasaan kalau udah disimpan terlalu lama itu nggak baik, salah-salah saat kamu mau tunjukin ke dia di momen yang kamu anggap paling tepat, nggak taunya malah udah terlambat, keburu oarang lain yang embat. Lantas mau nunggu apalagi? Sebab, kalau bukan kita sendiri yang menciptakan dan memanfaatkan kesempatan, siapa lagi coba? Jangan sampai kamu nyesel belakangan lho. Ingat! Meskipun ada istilah terlambat untuk belajar, tapi sayang nggak ada istilah terlambat untuk bilang "I Love You" kepada seseorang yang kamu sayangi.

Sebenernya masih banyak banget yang harus kamu ingat saat kamu jatuh cinta, di atas hanyalah sebagian kecil yang bisa dokter sampaikan buat kalian. Semoga bermanfaat.