Friday, December 07, 2018

Pendapat lo tentang orang yg pendiem?


Kebetulan saya juga orangnya pendiam, terutama kalo lagi tidur. Hehehe.

Kalau menurut saya pendiam itu relatif sih. Jadi penilaian masing-masing orang bisa berbeda-beda terhadap orang yang dianggap si pendiam tadi. Ambil contoh saya misalnya, di tempat kerja maupun di lingkungan rumah mungkin saya dikenal sebagai orang yang jarang ngomong, bicara juga seperlunya saja, tapi mereka tidak tau bahwa ketika saya berkumpul dengan teman-teman sekolah dulu saya dikenal sebagai orang yang banyak ngomong dan cenderung suka mendominasi pembicaraan. Yap, kurang lebih seperti itulah... jadi orang yang dikenal sebagai pendiam belum tentu dia itu benar-benar pendiam.

Secara harfiah, pendiam dapat diartikan sebagai orang yang tidak banyak bicara, tapi secara umum banyak yang menilai bahwa orang yang tidak banyak tingkah juga sering disebut juga sebagai pendiam meskipun porsi bicaranya normal. Setuju?

Di sini saya juga mau sedikit meluruskan aja beberapa stereotip yang ada tentang si pendiam ini berdasarkan definisi tadi:

- Pendiam = Pemalu
Salah besar kalo seseorang yang pendiam itu adalah seseorang yang pemalu. Buktinya saya sendiri pendiam, tapi kemana-mana ga suka bawa-bawa palu tuh.

- Pendiam = Anti Sosial
Meskipun sering terlihat mengasingkan diri, si pendiam bukan berarti dia anti sosial. Beberapa pendiam tetap punya jiwa sosial yang tinggi dan mau bersahabat kok, cuma ya mungkin pilih-pilih.

- Pendiam = Susah Berkembang
Ini pemikiran yang pendek sih kalo menurut saya. Banyak orang yang tidak tau bahwa orang-orang yang pendiam itu justru memiliki ide-ide yang lebih keren dari pada orang yang banyak ngomong. Peribahasa aja bilang kalo tong berisi itu ga ada bunyinya. Bener ga?

- Pendiam = Ga Punya Teman
Ini nih yang salah kaprah. Pendiam bukan berarti dia tidak punya teman. Buktinya saya, meskipun terlihat jarang ngumpul ataupun nongkrong, saya tetap punya sahabat kok, yah meskipun masih bisa diitung pake jari.

Jadi intinya, menjadi pendiam itu memang kadang adalah sebuah pilihan, seperti saya yang punya prinsip "Lebih baik diam dan terlihat bodoh, dari pada banyak ngomong tapi bodohnya keliatan".

Previous Post
Next Post

Hampir menjadi lulusan terbaik dari sebuah universitas terbuka, tapi sayangnya gagal karena ternyata dia ga lulus Ujian Nasional di sekolah. Meskipun ga jadi kuliah apalagi jadi lulusan terbaik universitas terbuka, tapi dia selalu terbuka kok kalo cuma untuk sekedar dimintai pendapat. PENDAPAT lho ya... bukan PENDAPATAN...

Related Posts

0 komentar: