Wednesday, September 26, 2018

Kenapa hari minggu libur?


Banyak mungkin orang yang mempertanyakan kenapa sih hari Minggu libur? Kenapa sih liburnya hari Minggu? Kenapa sih hari Minggu nggak masuk aja? (eh... kalo pertanyaan yang terakhir tadi masih jarang ding...)

FYI. Dulu, tradisi libur pada hari Minggu itu sebenarnya berasal dari jaman Romawi Kuno. Pada zaman itu, orang Romawi Kuno menetapkan hari Minggu sebagai hari untuk beribadah. Jadi, di hari itu mereka meliburkan diri dari segala aktivitas maupun pekerjaan hanya untuk fokus beribadah. Nggak cuma itu, saking nggak maunya melewatkan waktu untuk beribadah, akhirnya mereka selalu menandai hari libur tersebut alias hari Minggu tadi dengan warna merah. Seiring berjalannya waktu, tradisi tersebut diterapkan di berbagai negara jajahan Romawi, termasuk juga di Indonesia. Di mana di Indonesia tradisi tersebut dibawa oleh Belanda yang notabene merupakan jajahan Romawi.

Jadi dari situlah awalnya, kenapa hari minggu libur? Alasan yang sebenarnya adalah untuk mendekatkan diri pada sang pencipta bagi kepercayaan tertentu, buat kita yang punya kepercayaan yang berbeda, hari minggu cukup kita manfaatkan aja untuk lebih mendekatkan diri dengan keluarga, orang-orang tercinta dan lain sebagainya. Bagi orang-orang yang sudah bekerja, hari minggu merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu, sebab di hari tersebut kita bisa mengistirahatkan diri dari segala rutinitas yang sudah dijalani selama 6 hari yang lain. Di samping itu, kita juga butuh rehat yang cukup untuk menghadapi beratnya hari senin. Bukan begitu?

Sampai sini kira-kira bisa dimengerti? Jadi bayangin sendiri aja deh gimana jadinya kalo tidak ada hari libur.

Tapi jujur lho ya... Kalo  menurut dokter sendiri sih, pengenya hari Minggu itu tetep masuk, biar Senin sampe Sabtunya aja yang libur. Hahaha...
Previous Post
Next Post

Hampir menjadi lulusan terbaik dari sebuah universitas terbuka, tapi sayangnya gagal karena ternyata dia ga lulus Ujian Nasional di sekolah. Meskipun ga jadi kuliah apalagi jadi lulusan terbaik universitas terbuka, tapi dia selalu terbuka kok kalo cuma untuk sekedar dimintai pendapat. PENDAPAT lho ya... bukan PENDAPATAN...

Related Posts

0 komentar: