Monday, June 25, 2012

Gimana caranya untuk mencegah pilek ya dok?

Pilek atau yang lebih sering kita kenal dengan flu atau salesma merupakan sebuah gejala yang diakibatkan oleh virus, alergi ataupun perubahan cuaca. Akibatnya banyak lendir-lendir yang tadinya non aktif menjadi aktif, sehingga hidung kita menjadi sering basah dan tak jarang pula menjadi meler.

Efek dari pilek itu sendiri memang cukup mengganggu, khususnya dalam pergaulan. Karena orang yang sedang pilek cenderung akan dijauhi oleh teman-temannya yang takut pilek tersebut akan  menular. Bagi diri sendiri, pilek sendiri juga sangat mengganggu kenyaman tingkat serius, betapa tidak? Gara-gara pilek dan lendir yang terlalu encer akan sangat mengganggu aktifitas ngupil rutin kita. Belum lagi jika hidung mulai mampet, pilek tersebut akan mengubah sistem pernafasan kita menjadi layaknya seekor ikan mujaer yang kita angkat ke darat, mangap-mangap karena berusaha mati-matian bernafas lewat mulut.

Untuk mengatasinya, ikuti beberapa saran berikut :
  • Sering-seringlah berolah raga untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah terserang virus yang menyebabkan pilek.
  • Rajin-rajinlah mengupil agar hidung menjadi bersih. Ingat..!!! Kebersihan itu bagian dari iman.
  • Jangan pernah sekalipun mencoba membuang sampah pada lubang hidung, sebab ketika lendir mulai banjir, sampah-sampah ini akan menyumbat lubang hidung sehingga hidung menjadi mampet.


Previous Post
Next Post

Hampir menjadi lulusan terbaik dari sebuah universitas terbuka, tapi sayangnya gagal karena ternyata dia ga lulus Ujian Nasional di sekolah. Meskipun ga jadi kuliah apalagi jadi lulusan terbaik universitas terbuka, tapi dia selalu terbuka kok kalo cuma untuk sekedar dimintai pendapat. PENDAPAT lho ya... bukan PENDAPATAN...

Related Posts