Thursday, January 07, 2016

Mandi


Mandi, merupakan kegiatan rutin yang orang normal lakukan setiap hari. Biasanya, mandi dilakukan 2 kali dalam sehari. Jika dilakukan lebih dari 2 kali, maka masih masuk dalam kategori normal, tapi jika dilakukan kurang dari 2 kali oleh orang yang sehat, entah mengapa biasanya akan dianggap sebagai tidak normal.

Mandi menjadi salah satu dari sekian banyak aktifitas manusia normal yang dihafal di luar kepala. Agak lucu juga sih kalo tiba-tiba kita lupa caranya mandi atau ada penerbit yang menjual buku panduan untuk melakukan mandi yang baik dan benar. Ya kali, masa sih di dunia ini masih ada orang dewasa yang masih bingung tetang tata cara mandi untuk dirinya sendiri? Kecuali mandi wajib sih.

Sejak kecil kita sudah dididik lewat lagu yang berjudul "Bangun Tidur". Pesan moral lagu tersebut, hal pertama yang dianjurkan untuk dilakukan setelah bangun dari tidur adalah mandi. Padahal saya biasanya kalo bangun tidur yang pertama kali dilakukan adalah melek. Jadi jangan salahin kalo saya bangun tidur terus mandi, tapi matanya masih merem.

Jujur, mandi terkadang menjadi hal yang paling malas untuk saya lakukan, terutama di pagi hari dan di saat cuaca sedang dingin. Entah kenapa saya berpikiran bahwa pagi dan cuaca dingin bukanlah saat yang tepat untuk melakukan aktifitas mandi. Akhirnya saya menemukan solusi agar tetap mandi meskipun dalam cuaca dingin.

Pertama, dengan cara tayamum.
Kedua, mandi bola.
Ketiga, mandi pake jaket.

Selain pagi dan udara dingin, banyak alasan yang kurang masuk akal yang sering dipake orang-orang untuk tidak melakukan kegiatan mandi. Entah mengapa nggak sedikit orang yang berpikiran buat apa mandi? Toh nanti juga bakalan kotor lagi. Atau ngapain sih mandi? Toh nggak punya pacar, nggak mau kemana-mana, dan nggak ada yang nanyain juga 'Udah mandi atau belum?'. Well, saya kasih tau ya. Mandi itu menjadi bagian penting dalam keseharian kita. Mandi merupakan hal yang wajib kita lakukan setiap hari selagi tidak sedang menderita sakit. Bahkan saat ini banyak kok orang yang menjadikan kegiatan mandi sebagai sebuah hobi, terbukti banyak orang yang iseng-iseng mandi cuma buat mengisi waktu luang.


Banyak manfaat bagi tubuh yang bisa didapatkan jika kita rajin mandi. Salah satunya adalah kebersihan. Yap, orang yang rajin mandi tentu badan kita akan menjadi bersih, di mana semua orang tau bahwa kebersihan adalah pangkal dari kesehatan. Meskipun saya sendiri masih agak sedikit ragu setiap kali saya perhatiin orang gila. Orang gila pada umumnya tampak dekil, lusuh serta rambut dengan gaya yang acak-acakan. Dari situ jelas orang gila kebanyakan pasti jarang sekali mandi, bahkan mungkin bisa jadi malah tidak pernah mandi sama sekali setelah dia divonis gila. Dan yang bikin saya bingung, meskipun orang gila jarang dan mungkin tidak pernah mandi, saya nggak pernah menemukan orang gila yang sakit dan diperiksa ke dokter umum. Terlepas dari itu semua, akhirnya saya memilih apapun yang terjadi (kecuali nggak ada air) lebih baik mandi sebelum memulai aktifitas sehari-hari.

Buat kamu yang lagi nggak sakit dan nggak lagi sibuk, sudahkah kamu mandi hari ini?
Previous Post
Next Post

Hampir menjadi lulusan terbaik dari sebuah universitas terbuka, tapi sayangnya gagal karena ternyata dia ga lulus Ujian Nasional di sekolah. Meskipun ga jadi kuliah apalagi jadi lulusan terbaik universitas terbuka, tapi dia selalu terbuka kok kalo cuma untuk sekedar dimintai pendapat. PENDAPAT lho ya... bukan PENDAPATAN...

Related Posts